Sunday, December 14, 2008

In My Sky


(picture from a friend)

Akhir-akhir ini aku terobsesi dengan langit.

Hoping to find myself a nice dark location with a good clear view of the night sky. (Bukan langit Jakarta yang mendung dan berpolusi)...
Finding a hill with a clear view of the horizons...
Waiting until sunset, waiting until it's dark and lovely...
Melihat ke arah matahari terbenam dan menghadap ke arah barat. Membelakangi Timur, dengan utara di arah kanan dan selatan di arah kiriku...

Dan inilah dongeng pengantar tidurku malam ini.

Pernah dengar Galaksi Bima Sakti (lovely milky way...) dan Galaksi Andromeda?
Rasi Callum, Horologium, Pictor, Reticulum? (Pasti jarang, lha aku juga baru tau waktu nulis ini...)
Tapi kalo Capricornus, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus dan Gemini pasti pernah karena sering dihubungkan dengan tanggal lahir.

Atau kumpulan bintang Pleiades, yang terdapat di konstelasi Taurus. Yang namanya dalam bahasa Jepang adalah Subaru. Beberapa ilmuwan islam mengatakan bahwa Pleiades (At-thuraiya) adalah bintang yang disebut dalam surat Al Najm.
Dalam agama Hindu, Pleiades (Krittika) disebut sebagai enam ibu dari Dewa Perang Skanda, yang memiliki enam wajah.

Katanya ada 2000 bintang yang terlihat oleh mata, membentuk 88 konstelasi. Konstelasi atau rasi bintang adalah kumpulan bintang yang sebenarnya ngga ada hubungan apa-apa. Teman bukan, pacar bukan... >,<
Efek optikal aja yang bikin mereka terlihat berdekat-dekatan.

Another story.
Banyak nama bintang yang sebenarnya berasal dari nama Arab, nama yang berumur ratusan tahun. Mengisyaratkan bahwa budaya Arab (Islam) telah mengenali keindahan sains sejak lama, bahkan sebelum Masa Kegelapan melanda Eropa.
Bintang Betelgeuse, ternyata namanya diambil dari 'yad al jawza' atau 'hand of al jawza'. Al jawza artinya 'Yang di Pusat' (The Central One).Oleh kebudayaan Renaissance disebut Bait Al Jawza. Dan akhirnya 'diplesetkan menjadi namanya sekarang, Betelgeuse.

Dan tau ngga, bahwa dua bintang yang bergabung dengan bulan sabit membentuk konstelasi smiley di awal bulan desember ini adalah planet? Rendezvous antara dewi kecantikan Venus dan Dewa dari semua dewa Jupiter sudah pernah kutulis sebelumnya.
Planet, dari Planetaia, wandering star.

Bicara tentang bulan, Luna.
Malam ini aku keluar rumah jam 1 dini hari.
And clear dark sky, a bright full moon, and twinkling stars. In my sky, finally...
So happy to see her ^^
My Bella Luna...

No comments: