Wednesday, March 25, 2009

Picture Of The Day : Our Waste Management




This picture's from the Independent. It said : A group of scavengers collect plastics for recycling at Jakarta's main garbage dump at Bantar Gebang district, Indonesia. A group can collect up to 2 tonnes of plastic a day and sell it for 2-5 million rupiah ($166-416).

Picture like this always make me sad.
Remember when the same Bantar Gebang killed some people in 2006?

Indonesian people are not used to waste management.
But we're getting there.

Intinya hanya kemauan, strong will. Seperti yang telah dilakukan oleh masyarakat Banjarsari, Cilandak, Jakarta Selatan. Mereka telah menerapkan 4R, "reducing, reusing, recycling and replanting", jauh sebelum warga perumahan mewah Bintaro akhir-akhir ini berlomba-lomba menerapkan green homes dan green environment.

Di rumah, kami sudah menerapkan pemilahan sampah selama 2 tahunan. Awalnya hanya karena ngga tega melihat pemulung memisahkan sampah plastik dan kertas yang bisa mereka jual dari tumpukan sampah basah.
Sekarang Damar dan Dimas pun sudah terbiasa membuang botol bekas susu mereka ke dus "botol susu".
Tadi pagi kami menjual koran-koran bekas dan menyerahkan mainan-mainan lama dan beberapa hasil menyortir tumpukan barang-barang di rumah ke bapak pemulung yang tiap hari lewat.
Sempet tarik-tarikan dulu sama Damar karena tiba-tiba dia ngga mau melepas mainan pesawat dan trolinya yang sudah rusak. Mungkin perasaanya saat itu sama dengan perasaanku waktu Dagadu favoritku ( Make Laugh Not War!) dari jaman kuliah dipensiunkan Dewo karena sudah berubah warna. Akhirnya air mata yang mengalir deras itu berhenti setelah tawar-menawar untuk membeli mainan baru kalo udah gajian.

Yang masih jadi PR, pengolahan sampah basah. Percobaan untuk bikin lubang biopori masih gagal. Ngga kuat muter alat pembuat lobang biopori... >,<
Apalagi sekarang mau pindah. Mungkin dilanjutkan di Balikpapan...

Tapi kemaren sempet berhasil mengolah sampah biji mangga dan rambutan. Caranya? Disebar di halaman! Dan tumbuh!!! Beberapa bibit pohon rambutan sudah dibagi-bagi ke tetangga. Ah, senangnya...^^

Before I'll stop writing, need to mention Earth Hour!
Or just visit http://www.earthhour.org/.

Hmmm,must start to think things to do with my children during that one hour, kalo mereka belum tidur.

No comments: